Selasa, 17 Maret 2009

SM5 LUCU

"selamat anda tergabung dalam komunitas YAMIDO(yayasan misscall doank), daftarkan diri anda ke RT/RW terdekat bahwa anda termasuk orang yang tidak mampu menelfon..":D

-----------------------------------------------------------------------------------
"Maaf, nomor tujuan anda belum mengaktifkan MMS nya=))"

-----------------------------------------------------------------------------------
kalo tidur "DreaM of Me"
jika sedih "meet me"
jika bt "call me"
jika bahagia "smile for me"
jika laper rebus "indomie"

-----------------------------------------------------------------------------------
telah HaDir dikota anda " bengkel " service cinta menerima
*las hati yang patah ( besi kali )
*ketok hati yang bengkok (tabrakan ama apa tu ampe bengkok)
*isi ulang air mata cinta (mang ada galonya jg gak )
*menerang kan asmara cinta yang telah pudar (pake batre gak ...... senter kl )
alamat vila cinta pertama
jalan kasmaran 01
kota sayang

dapet dari sms nyasar lewat hp

-----------------------------------------------------------------------------------
do'a tahan puasa
allahuma baring sana baring sini
wa sudah lapar mau mati
waliat jam masi lama lagi
wa curi2 masuk dapur
wa tak ada apa2
waya sudah tak tahan lagi
]amin

-----------------------------------------------------------------------------------
gabung di sms gila gilaan
cara ketik reg ( spasi ) gila ]
kirim ke 0808
dapeti 3 buah mobil jenazah
3 tiket jalan2 keneraka
semakin banyak anda buat dosa
semakain besar kesempatan anda
untuk mendapat hadiah nya

-----------------------------------------------------------------------------------
Tariff PLN & Telkom akan turun 50% mulai tgl 1 maret 2008
Pengumuman ini akan disiarkan langsung di SCTV malam ini
pada jam 22.00 dalam acara :
..
..
..
...
...
....
~MIMPI KALI YEEE!!!

-----------------------------------------------------------------------------------
doa "memabah pulsa"
Innahu fulsatun ila SIMPATI wal MENTARI wa JEMPOL wainnahu lakum TILKUMSIL minal IM3....baca 3x sehari sambil NANGIS didepan COUNTER
selamat mencoba :"> :)) =))

-----------------------------------------------------------------------------------
Di koran aku baca bahaya rokok: langsung berhenti merokok. Aku baca bahaya alkohol: langsung berhenti minum. Aku baca bahaya sex: langsung berhenti baca koran

-----------------------------------------------------------------------------------

Press down if you miss me...


AduH!! MaKaSiH!!


JaDi Ge Er Nih!


UdaH DonG!


MasiH MenCet?


Kangen Banget Yah Ama AkU?




Aku Memang Ngangenin Sih !!

-----------------------------------------------------------------------------------

MONYET DULU: Berayun ayun, Makan pisang, Nyari kutu.

MONYET SKRG: Mencet2, Maen sms, trus senyum2.

MONYET MASA YAD: Ngamuk2 & bales sms ini. Hahaha

-----------------------------------------------------------------------------------
Hidup ini bagaikan FILM....

Saat kau tertawa KOMEDI
Saat kau menangis DRAMA
Saat kau berkelahi ACTION
Saat kau ber...CERMIN



HORROR!

-----------------------------------------------------------------------------------
janji lho.. kita teman sejati.. aku langit kamu bintangnya.. aku langit-kamu bintangnya.. aku tanah-kamu debunya.. aku tarzan-kamu monyetnya..

-----------------------------------------------------------------------------------
3H 3H 3H 3H 3H VhU-3UOHdpUVH >|i|VqW3W U6P V>VqW3W nVW 6UVh HV|VLVS HOpOq 6UVh VISnUVW VhUVH silahkan baca tulisan diatas dg posisi handpone terbalik !

-----------------------------------------------------------------------------------
Sewaktu pagi saya tak bisa makan karena mikirin kamu. Sewaktu siang aku nga bisa makan karena ingat kamu. Dan malamnya aku nga bisa tidur karena aku.........lapar!

-----------------------------------------------------------------------------------
Tarzan has a party, He invited all animal.. Unfortunately, one monkey didn't come, causes he was busy reading this msgs

-----------------------------------------------------------------------------------
Tuhan tau gue cuma sayang eloe, Tuhan tau gue cinta eloe, Tuhan tau gue selalu memikirkan eloe, tapi Tuhan juga tau kalo gue salah pencet nomer...

-----------------------------------------------------------------------------------
pemerintah menolak merger 4 bank swasta:bank panin,bank tata,bank bukopin, dan bank mega, karena kalau digabung nanti namanya jadi Bank Pan-Tat-Bu-Mega

-----------------------------------------------------------------------------------
Sorry nih, sore2 gini mau ngeganggu, aku mau minta tolong nih, kalo lagi ga sibuk, kalo bisa dan ga keberatan. Kalo gak ngerepotin, tolong hapusin sms ini dong !

-----------------------------------------------------------------------------------
Begitu dengar "Tit...tit.." si jelek langsung baca sms ini. Selang beberapa detik si jelek tertawa dan sadar lalu berpikir : "Sialan... gua dikerjain si keren"

-----------------------------------------------------------------------------------
After u read this message:
1. "miss call" if u Care
2. send back if u Like me
3. call if u Love me
4. do nothing if u PELIT !!!

-----------------------------------------------------------------------------------
10 things I hate about you :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Nothing..
What can I say? I like everything about u !
You're the best friend of Mine

-----------------------------------------------------------------------------------
Mobile Terms :
WAP= Wah Abis Pulsa, GPRS=Gratis Pake Rasain Sebentar, PULSA=Putus Langsung Sesudah Abis, BTS=Bisa Terima Sinyal


-----------------------------------------------------------------------------------
Good night

Nice dream

Have a wonderful sleep



Woi! Kok msh pencet-pencet?!







Bobo sono... !!!

-----------------------------------------------------------------------------------

Merasa sedih dan sepi?






Hubungi gue!!







Tak ada teman curhat?








Hubungi gue!!







Merasa strezz seperti mo gila?







Hubungi RUMAH SAKIT JIWA DONKKK!!!!!
JANGAN GUE MELULU!

-----------------------------------------------------------------------------------
cuma

cuma

c
u
m
a

cuma

cuma

cuma

cu
ma

cuma mo bikin loe kesel!!

-----------------------------------------------------------------------------------
Pencet bawah 1x....




Artinya elo CAKEP!



1x lagi..


Elo juga BAIK!!



1x lagi..




Elo menarik bgt!



Napa pencet2 trus? Pengen di puji2 trus ye?

----------------------------------------------------------------------------------
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20


anak pintar!! Mm..Besok belajar A-B-C, ok? :)

-----------------------------------------------------------------------------------

"ini siapa sih? jawab donk, sms kalo temen, telpon kalo sodara, kalo miscall lagi berarti KEBO, kalo diem aja berarti MONYET!"

-----------------------------------------------------------------------------------

Selamat, anda telah memenangkan hadiah utama KEJUTAN 1 MILYAR dari susu sapi balita DANCOW. Untuk memenuhi persyaratan pengambilan hadiah, kirimkan fotokopi identitas diri bersama foto seluruh badan, untuk dicocokkan dengan SAPINYA!!!!

-----------------------------------------------------------------------------------

goyang mang!

_ _)'(
(.)(.)
_) (_
kiriii!

__)'(
_ (.)(.)
_) (
kanaaan!!

_____)'(

(.)(.) _) (
waduh jatuh!

-----------------------------------------------------------------------------------

(>.''''''".< )--.
( (0 0) ) ;

sweet pig
hahahaha.....

-----------------------------------------------------------------------------------

This cat, is cat, a cat, good cat, way cat, to cat, keep cat, an cat, idiot cat, busy cat, for cat, 20 cat, seconds cat!... Now read it without the word cat.

----------------------------------------------------------------------------------
n ss!w ! n ss!w !
n ss!w ! n ss!w !
n ss!w ! n ss!w !
n ss!w ! n ss!w !
n ss!w ! n ss!w !


Bingung yah??
Makanya kalo kuliah yg pintar,
HP-nya dibalik donk!
Kaciaaannnnn.......... deh lo

----------------------------------------------------------------------------------

Dapatkan uang saku gratis 10 ribu setiap hari dari coca cola. Caranya kumpulkan 10 tutup botol, gepengkan, tempelkan dikayu lalu mainkan di lampu merah.

----------------------------------------------------------------------------------

Sayang, tega nian kau menolak cintaku, hiks, lebih baik aku mati saja! ini sms terakhir drku sayang! krn saat kau membaca sms ini aku tlh menjual HP ku

----------------------------------------------------------------------------------

SEKILAS INFO :
Di Bali telah terjadi pembomban yang dashyat.
Ratusan orang meninggal.
Semua orang turut membantu.
Tapi sementara yang satu ini enak2an baca SMS.
KETERLALUAN !!!

----------------------------------------------------------------------------------

Berikut sketsa wajah calon tersangka no.4, pelaku bom Bandara Soekarno Hatta . Diduga warga setempat.
Mohon disebarluaskan

----------------------------------------------------------------------------------

_---_
< ) . . (>_
( (..) ) )@

nguik nguik!

-----------------------------------------------------------------------------------

c 'c' c
>'<
Hy!

,.,.,
.'c' .
>'<
Cuma mau liat

,..,
c" .)
>' <
lagi ngapain?

,.,,
" .)
' <
Ya udah,itu aja!

,,,
.)
I LOVE YOU !!!

----------------------------------------------------------------------------------

e
_; @
e

(e
_; )
(e

((
_; ) pagi
((

-----------------------------------------------------------------------------------

stelah m'baca SMS ini anda akan t'kena Virus SASR(Senyum ALa SRimulat) anda akan senyum2 sendirian tanpa tahu sebabnya

-----------------------------------------------------------------------------------

Kenapa nyamuk bunyinya "Ngiiiieing.." Jwb:Krn ngisep darah, coba ngisap bensin suaranya pasti: "BRUUM..BRUM.." :haha ngakak gw kalau yang ini...

-----------------------------------------------------------------------------------

TEST DAYA HITUNG ANDA.
Baca SOAL hanya SATU KALI =>

2+7


+9


-5


+4


+8


-2


+5


-4


+9


-8


+2


Pertanyaannya :

Tadi berapa kali MENCET ?

----------------------------------------------------------------------------------

Waktu mau sms kamu, hatiku jadi deg2an
Akhirnya aku beranikan diri tuk ungkapkan
bahwa selama ini aku sayangggg banget sama















pulsaku ;D

----------------------------------------------------------------------------------

Info untuk anda:
Penyakit SARS sudah ditemukan penyebabnya dari monyet betina asal cina, namanya: Yhang Mhen Chet.

----------------------------------------------------------------------------------

...
,,¥,,
$(@)(@)$
( <,$,> )
HORROR

----------------------------------------------------------------------------------

MEMALUKAN! KAMU MEMALUKAN SUNGGUH MEMALUKAN 'udah tau ga ada pesennya masih pencet-pencet...

----------------------------------------------------------------------------------

Coba tebak, gue sekarang pake baju warna merah apa biru?... salah! sekarang gue pake kaos.

Minggu, 15 Maret 2009

OXFORD

Oxford
Oxford, the Eldest educational City in England

OXFORD, a name to commemorate that before being built to the city, this area only "Ford for Oxen", the valley hole was crossed the Thames River with hills to the east and west, and the area that was flatter to the north and south.
CONSERVATION of the glory of the valuable building high architecture and the continuity of the institutional vitality power of education as one of the eldest universities in the world proved that Oxford became the very special city.
There was no city that had more grand building numbers in the area was as small as Oxford.
Aside from the role contribution of the university to human science, Oxford was one of the grand cities the world because of his architecture.
The chronological series of the history of the city could be read from the architecture artefact that still was lasting.
His original city was built in the pattern grid with the protection of the city fortress as the outside defence.
Further, the style of the developing building from Romanesque architecture to the English Gothic style, to contemporary architecture now.The building emergence with the tower (tower), the peak of the tower (spire), as well as the small peak soared have the shape of sharp (pinnacle) became the dominant characteristics of the 13th age.
Oxford famous with the The Dreaming Spires nickname, with the number of peaks of the tower soared and spread all over the city, together with the construction college-college.
The peak of the first tower was built in Christ Church College, whereas the tower and the peak of the Church tower St Mary was some that were highest.
The Oxford university did not have the campus, but rather was a collection buildings college that was spread all over the corner of the city.
Now the system college that was managed privately and independently to the typical characteristics of the Oxford University and Cambridge.
Two eldest educational cities were very most famous, both in the value of architecture and look and system flexibility college him.
The quality of his education then the two universities every year always raced pursued the first and second British level.
Each one of the to 34 college in the Oxford University was unity of the independent individual, and together formed the university.
Each college was the community's group with the difference of the complexity of the history and the principle.
College is usually supplemented with the student's barracks and the teacher, the dining room, the library, recreation space, the classroom, the kitchen, and other academic facilities.
Merton, Balliol, and University College was that was eldest, whereas Christ Church College (was used setting the film of Harry Potter) as some that were grandest.
The character, the value, and the financial capacity of the history college really tergantungan in the condition and the capacity of the sling of the manager's fund.
The Oxford CITY also was formed by a collection buildings and space were open that could be enjoyed in a serial manner vision, was composed formed townscape.
As long as High Street and Catte Street were for example.
The experience room in a serial manner vision could exceed the strength of the series of words and the photograph.
The building with the style of architecture and the varying form, associated in his totality with the space composition, the light, the voice, the colour, the movement, that all of it could be enjoyed and experienced in the sensation and emotions were controlled.
Results became very heterogenous diffusion, consisted of the glory fasad the building college and the house and the simple kiosk the betwen Age time.
There were five college big and two churches appeared before High Street, also the shop, the office, the pub, and the cafe, made the life to be more integrated as well as could be enjoyed by the normal inhabitants and academics who guarded the rhythm of the activity all day and the night.
Many culture this associated building formed a piece townscape that was very special
The road to go upwards from the river limit headed towards the centre of the city made the character of the road to change quite dramatic.
The road was divided into three pieces of the vista that more strengthened the change in this character.
The first vista was from the The Plain limit as far as the next old city gate east, the second vista was dominated the building college, was begun from the wall of the city for a long time arrived at the Church St Mary, and the third vista began to be dominated the commercial building
In the hot season, the most beautiful panorama was in the morning or in the afternoon
when the sun illuminated the two sides of the road, with the number of peaks of the tower of the building college that appeared fantastic under the low sun rays the cold season.
The Plain, the city entrance gate from the side of London became the transition from the east sub-person who has moved to the city to the centre of the old city.
From The Plain crossed Magdalen Bridge, we were welcomed by the height of the Magdalen College tower that gave nuances of the experience of entering the sensational city.
Here the place of the inhabitants and the student the university welcomed in May Morning, at dawn where they gathered together listened to the blend of the voice that sang the praise song from the Magdalen Tower peak, it was continued with the Morris dance and the agenda sukaria welcomed the hot season arrived
The second vista was dominated the building college big with the road direction rather buckled and widened, reminded the old time route where the sheep and the livestock were driven to the market in the centre of the city.
Because the running went upwards, automatically we will walk with the direction rather buckled.
However, the direction buckled this evidently precisely really played a role in reinforcing the change in the vista from townscape that was created.
Five college big stood all along the piece of this road with the style of different architecture: Tudor, Georgian, Gothic, Rennaisance, Baroque, and the traditional style of the betwen Age time.
Behind the Church St Mary had the small region with several grand buildings, was the centre of the university activity previously started.
The visual connection to this region, from the Sheldonian Theatre building, All Souls College, Radcliffe Camera, Radcliffe Square, penetrated High Street by the church of St Mary, formed serial vision along Catte Street.
The third vista was begun from the Church St Mary The Virgin arrived at Carfax.
This church was the architecture climax along High Street.
The peak of his tower gave nuances of beauty of the panorama and the glory of this old building.
Whereas Carfax was the peak tower of the small hill in the centre of the city.
This vista was preceeded by several college: Brasenose and All Saints in the north, Rhodes Building him Oriel College in the south, and the rest was dominated the commercial building down to the centre of the city.
The Chapneys bacillus designed Rhodes Building during 1910, was financed by the inheritance of Cecil Rhodes, his source of Rhodes Scholarships, that brought former President Bill Clinton studied in Oxford.
Apart from the glory of the architecture building, the system college, as well as the number of leading figures of the world that had experienced education in this eldest university, of Oxford also was recalled and known by many people because of the activity punting followed the Cherwell River for the season semi and hot, and the oars race between-college in the next river south Christ Church College.
From:Http://www.kompas.com/kompas-

THE ENGLISH

THE ENGLISH
EDUCATION SYSTEM


The primary school (the Age 5 to 11) six first and second Year years were mentioned "infants the" 3rd" Year was until the 6 mentioned "juniors" obligatory Education was in England begun from the age 5 years with the primary school.
The student rose from the class 1 to 6 without the exam, despite their capacity was tested in the age 7 years.
The emphasis was in studying in a praktical manner was compared memorised.
The student studied the subject of the core like England, mathematics and science, also the basic lesson like the history, geography, music, art and sport.

The senior secondary school (the Age 11 to 16) Five the year was Each Year mentioned "forms" In form the 4, the student began to be studying for the "GCSE" exam (in 9 or 10 subjects) the GCSE Exam carry out in the end form the 5 students began the secondary school in the age 11 years, where becoming the obligation during five following years.
In each one of his levels, the student deepened their knowledge in the subject of the core and was increased at least 1 foreign language.
In the 4th year, they began to be ready to follow exams that were acknowledged as Certificate of Secondary Education General or GCSE. Siswa will be tested in 9 or 10 GCSE topics that were chosen by them.

A Levels in the Senior Secondary School (the Age 16 to 18) two first Year years were acknowledged as "Lower Sixth"; the second year was acknowledged as "Upper Sixth".
The student began to study the exam of "A-Level" they (in 3 or 4 subjects) the Exam of A-Level was held on the end of the first and second year, where the value of the end was the combination from these values.

After completing the GCSE exam, the secondary school student could leave the school to work, joined the program training in the vocational school or the technique, or continued 2 years more to prepare himself for the university entrance examination, that was known with "A-Levels."
Generally, the student who wanted to enter the university will study 3-4 subjects for the exam of A-Levels.
This was often carried out in the school that was named Sixth Form Colleges.
It was increasingly high that the value of the exam of A-Levels, increasingly good the student's opportunity of entering his choice university.

The Scholer program (the Age 18+) three or four Academic Year years were divided into two or three Degree terms of the scholar was given if completing the Student took the route that in accordance with their program field and joined the final examination was increased by by the scholar, the student could in England choose the route "art" and "sciences".
The program usually takes place for three years where during that the student completed the lesson and the tutorial in their respective field.
The student who will pass usually must join the final examination.
The condition for acceptance for the international student including English fluency (min IELTS 6,0), in addition 1 secondary school year, was known with University Foundation Year or the value A-Level.

Postgraduate and PhD (the Age 21+) one to two year of Master's Degree or MBA was bestowed after ending the Student must complete the task of the lesson, wrote the thesis and joined the Student's postgraduate final examination could continue the doctoral program or PhD lesson the university could be continued to the postgraduate level.
Postgraduate glasses traditional usually in the "General Practitioner" (Ma) or "Sciences" (MSc).
The increasingly popular postgraduate degree was Masters in Business Administration (MBA). Master's program took place for one to two year and required the exam and the thesis for the condition for the passing.
For the certain program, the experience in the research and worked was needed to join the doctoral program, or PhD, that could take place for four or five years in school and the research as well as the dissertation.
For most postgraduate and doctoral programs, the student international obligatory had the degree of the scholar who was acknowledged and English fluency (IELTS 6,5).
For the MBA program, You mush was obliged to have the work experience during min. two years.

SMS LUCU

Aku mungkin bukan teman yang “sempurna” yg kamu cari, bukan juga yg “terbaik” diantara semuanya, tapi yang pasti aku adalah teman yang selalu ingat sama kamu


“….Jikä
käü kecewä
dän b’sedih
krnä d’lükäi ücäpän Q,
….izinkän
kü hädir
meräwät
lükämü…
Krnä äkü…
JUAL PLESTER
Rp 500 @Biji
MAU BELI???
hehe bcanda, karna aku sayang kamu!!!!!


aku ga brharap utk mnjadi orang yg trpntg dlm hidupmu..
itu permintaan yg trlalu bsr bagiku..
ak hanya brharap suatu saat nanti jk kau mlihatku..
kau akn trsenyum & brkata..
“dia slalu menyayangiku…


Dalam Sayur Ada Kaldu…
Relung Hatiku Tersirat Rindu
Bukan Maksudku Tuk Bilang I Miss You…
Ataupun Bilang I Love You…
Aa cuman mau bilang
Sebelum Tidur Pipis Dulu…


Orang Amerika kentut bilang, "EXCUSE ME".
Orang Inggris kentut bilang, "PARDON ME".
Orang Singapore kentut bilang, "I'M SORRY".
Kalo Orang Indonesia kentut, pasti bilang, "NOT ME!! NOT ME!!"


IF u need ADVICE, message me.
If u need FRIEND, call me.
If u need HELP, e-mail me.
If u need MONEY, nomor yg anda tuju tidak dapat dihubungi. terima kasih.

Kalo bahasa inggrisnya beras adalah rice
Kalo bahasa inggrisnya panjang adalah long
Jadi, K'lo bahasa inggrisnya beras panjang adalah LONGTONG


Aku merasa SIMPATI padamu, karena km ibarat MENTARI yang sinarnya membuat hatiku sebening XL, dan aku bisa BEBAS mencintaimu, sepu-AS hatiku, dan kamu pantas di acungi JEMPOL, karena dari segi fisik kamu adalah cowok yang sangat FLEXI-bel. Oleh sebab itu kamu menjadi FRENS-ku sampai saat ini, sayang!!


cinta itu buta, buta itu gelap, gelap itu hitam, hitam itu monyet, monyet itu yang baca sms ini.


Sayang... tadi pagi aku tidak bisa makan karena merindukan kamu, siangnya juga tidak makan karena memikirkan kamu, dan malamnya aku tidak bisa tidur karena kelaparan.


Borring man..
kanan hutan
kiri hutan
didepan.. orang utan..


Gila! nelpon elo susah banget
jawabnya selalu: pelanggan ayang anda tuju sedang buang air besar,
silahkan tinggalkan pesan setelah terdengar bunyi nada : dhuuut!!!


Jalan jalan ke bandung... makan siomay ke surabaya.....
kejahuan... di sini juga ada tukang siomay.... kan lagi baca.. sms ini


Jaman ini serba susah...miara kambing susah rumput..., miara ikan...pelet mahal..., miara ayam...bau.. di omelin tetangga...., miara MONYET....... Baca SMS melulu.....


Penelitian para dokter jiwa, membuktikan bahwa:
gejala gejala orang gila selalu membuka sms dengan menggunakan jari jempol, sorry dah telat untuk ganti jari.


say... dikau adalah idaman hatiku
say... tanpamu terasa hampa
say... daku menginginkanmu, merasakanmu, menikmatimu
say......... say..... say...
say.... say...
say...
say..ur bayam seikat berapa yach...???


Bagi anda semua yang punya rekening di bank yang tersebut dibawah ini harap segera memindahkan simpanannya. Karena menurut kabar yang beredar bank tersebut akan ditutup.
1. Bank B.C.A.
2. Bank B.N.I.
3. Bank B.R.I.
Kabarnya adalah sebagai berikut: bank tutup jam 15.00 dan buka esok pagi jam 08.00.Hari Sabtu dan minggu libur.


Sebenernya Indonesia itu, udah lama lho kena teror. Yaitu sejak adanya Teror Dadar, Teror asin, Teror bebek, Teror puyuh.... dll


ech...!!! tolong donk hapus SMS ini, awas loch kalo dibaca.....eeech suruh dihapus malah dibaca dasar gila luch, sakit luch, rese' luch............ !


yank...
yank..
yank...
y
a
n
k
yank aus..
yang aus.....aqua..
gope
aqua gope..
hehehe




U
M
A
K
N
I
A
J
R
E
G
N
A
G
U
J
K
A
N
E
Bingung yach bacanya ….coba dech baca ulang dari belakang ….

Serba-Serbi UAN

UJIAN NASIONAL ANTARA HARAPAN DAN KECEMASAN(2008-2009)


Ujian Nasional (UN) selalu menarik perhatian semua elemen dalam masyarakat, setidaknya untuk lima tahun terakhir terutama sejak terjadinya perubahan fundamental pelaksanaan sistem ujian di Indonesia. Semua ahli, politisi, LSM, kalangan media, masyarakat umum dan orang tua, ikut berbicara. Menunjukkan rasa perhatian yang besar, juga rasa keprihatinan. Harapan dan juga kecemasannya masing masing. Semua kalangan berharap, tidak terjadi kecurangan lagi saat pelaksanaan UN, seperti yang disebut sebut selama ini. Stakeholder pendidikan, terutama Kepala sekolah, guru bidang studi yang di-UN-kan, siswa serta para orang tua-pun harap harap cemas, bila jumlah lulusan tidak mencapai target yang ditetapkan. Rasa cemas dapat memicu timbulnya perilaku negatif. Perilaku dimana stakeholder pendidikan, kepala sekolah, guru dan siswa dapat melakukan kerjasama mencari cara cara yang tidak sah saat pelaksanaan UN, tujuannya untuk mencapai target angka kelulusan yang telah ditetapkan. Suatu hal yang tabu untuk dilakukan. Rasa cemas hendaknya dikelola dengan baik dan dijadikan kekuatan untuk meningkatkan kelulusan dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Rasa cemas hendaknya mendorong siswa belajar lebih tekun, mendorong guru mengajar lebih baik, mendorong kepala sekolah untuk memberikan perhatian lebih serius terhadap proses pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Para orang tua juga harus memberi perhatian ekstra khusus terhadap pembelajaran anak anak mereka. Dan masyarakatpun, harus menciptakan suasana tenang yang dapat mendorong peserta ujian untuk dapat belajar dengan baik. Pemantapan persiapan untuk membekali siswa menghadapi UN sudah terprogram dengan baik, melalui upaya meningkatkan intensitas kegiatan belajar mengajar (KBM) dan tentu melakukan pendalaman materi secara intensif seperti yang dilakukan di berbagai sekolah di Yogyakarta. Sejak bulan April 2006 telah melakukan proses belajar mengajar secara intensif dengan memanfaatkan waktu efektif di sore hari. Bahkan mereka telah mencanangkan satu bulan sebelum pelaksanaan UN akan merubah jadwal pelajaran, dengan setiap hari siswa hanya khusus belajar mata pelajaran yang di-UN-kan. Siswa diberi pembekalan terhadap berbagai soal yang materinya diambil dari Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dibanyak tempat malah sebaliknya. Persiapan untuk membekali siswa menghadapi UN adem adem ayem aja. Kepala sekolah dan guru bidang studi yang di UN-kan tidak mempunyai konsep yang jelas, apa yang harus dilakukan dalam menghadapi UN. Tetapi sekolah dan para gurunya dijejali tanggung jawab penuh untuk dapat meluluskan anak didiknya 100%. Suatu angka yang harus dicapai, jika tidak, rentetannya sangat panjang. Di-cap tidak bisa menjaga nama baik, mencoreng muka dunia pendidikan dan pejabat pendidikan. Pun dianggap tidak dapat mengamankan kebijakan tertentu. Bagi sekolah swasta, rendahnya angka kelulusan membawa dampak, tidak diminatinya sekolah tersebut dimasa datang. Keadaan yang sangat keliru dan menodai makna pendidikan itu sendiri. Kontrovesi Ujian Nasional Tahun 2003, adalah awal terjadinya polemik UN. Pada tahun tersebut, dunia pendidikan kita dikejutkan dengan lahirnya Ujian Akhir Nasional (UAN) sekaligus merupakan konversi dari sistem ujian model Evaluasi Tahap Akhir Nasional (EBTANAS). Konversi dari EBTANAS ke UAN dilatarbelakangi oleh makin rendahnya kualitas lulusan yang diuji lewat EBTANAS. Tidak ada decak kagum menyambut lahirnya terobosan baru ini. Suatu pembudaya-an terhadap standar kelulusan siswa, baru dimulai. Yang ada, reaksi yang berlebihan berupa kecaman dan penolakan dari masyarakat, termasuk suara vokal dari anggota dewan terhormat, kalangan legislatif.Saat pelaksanaan UN 2006, kalangan anggota DPR mengeluarkan kata penolakan saat akan dilaksanakannya UN. Padahal pada tahun 2005, DPR telah merestui dilaksanakannya UN asal tidak bertentangan dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Alhasil, terbentuklah Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Fenomena anggota DPR menolak ujian berskala nasional dan kemudian merestuinya, juga terjadi sejak diberlakukannya Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun 2003. Inkonsistensi ini melahirkan pertanyaan, ada apa dibalik kontroversi UN ?Penulis beranggapan bahwa kontroversi UN terjadi karena kesalahpahaman dalam menginterprestasikan pasal pasal yang berkaitan dengan evaluasi dalam UU Sisdiknas. Bagi mereka yang kontra UN, selalu menjadikan
Pasal 57 Ayat (1) : ” Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan ”, sebagai rujukannya. Berbekal ayat ini mereka berdalih bahwa UN telah merampas hak pedagogi pendidik, menafikan peranan guru selama tiga tahun pembelajaran. Sesungguhnya, pendidiklah yang paling berhak menentukan lulus tidaknya peserta didik. Penilaian yang dilakukan oleh guru dimaknai sebagai penilaian internal. Sedangkan UN merupakan penilaian ekternal yang diselenggarakan untuk mengukur pencapaian standar nasional dan untuk memperoleh pengakuan yang lebih luas dari pada hasil penilaian internal. Banyak kalangan belum mengerti sepenuhnya makna yang terkandung dalam pelaksanaan UN. UN dilaksanakan untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik pada setiap akhir satuan pendidikan, sehingga bagi mereka yang lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai tiket untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. UN harus dimaknai sebagai ujian berskala nasional yang standar kompetensi lulusan, kurikulum dan butir soalnya dikendalikan secara nasional. Dalam perspektif standar nasional secara langsung dan tidak langsung menyebabkan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan makna yang terkandung pada Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (sering disebut dengan UU Sisdiknas), pasal 35 ayat (1) nya, secara eksplisit menyebutkan bahwa : ” standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berskala ”. Kaitannya dengan standar nasional pendidikan, UN merupakan salah satu cara untuk merealisasikan standar nasional dimaksud, khususnya berkaitan dengan standar kompetensi lulusan. Meski tingkat kelulusan siswa era EBTANAS nyaris sempurna 100%, berbeda dengan UAN dan UN, kelulusan peserta ujian bervariasi setiap tahunnya. Tergantung kesiapan peserta dan keprofesionalan guru dalam mengajar. Lalu, manakah yang lebih berkualitas, UN atau EBTANAS ?. Belum ada penelitian ke arah sana. Pakar Pendidikan, Fuad Hasan menyatakan bahwa : ” Ujian yang seluruh pesertanya lulus, sama buruknya dengan ujian yang seluruh pesertanya gagal ”. Suatu pernyataan yang sangat dalam maknanya.Peran PemerintahPemerintah sebagai pengemban amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa mempunyai kewajiban menjamin pendidikan yang berkualitas untuk setiap warga negaranya. Karena itu, pemerintah wajib melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan formal dan non formal. Pendidikan yang berkualitas, berkontribusi besar pada peningkatan kualitas SDM Indonesia. Kualitas SDM juga ditentukan oleh banyaknya lulusan yang mempunyai kompetensi secara nasional maupun internasional.Pertanyaan yang perlu kita jawab adalah, dari mana kita memulai langkah memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia ? Sah sah saja kalau hal ini jadi bahan perdebatan dimasyarakat luas. Ada mazhab, dahulukan peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Ada mazhab, perbaiki sarana dan prasarana pendidikan. Mazhab lainnya mengatakan, lakukan reformasi terhadap sistem kurikulum dan evaluasi. Silang pendapat ini baik dan mencerdaskan, asal tetap mengutamakan kepentingan dunia pendidikan kita di masa depan. Ada baiknya, upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia bisa dilakukan secara paralel dengan pemberian tanggung jawab yang proporsional dan profesional kepada setiap stakeholders pendidikan.Para ahli dari berbagai disiplin ilmu tetap fokus dengan komitmen keilmuwannya dan tidak asal berbicara di luar keahliannya dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Mereka harus menciptakan kesatuan harmoni dalam memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan. Jika itu dilakukan, upaya meningkatkan mutu pendidikan akan terasa ringan, tidak sulit dan jauh dari kerumitan seperti selama ini terjadi. Namun, jika dogma ” kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah ”, masih menghegomoni setiap ahli, setiap praktisi, politisi dan pemangku keputusan pendidikan di Indonesia, maka peningkatan kualitas pendidikan tetap akan menjadi kemustahilan dan nampak sebagai sebuah kesulitan yang teramat besar. Tanggung jawab besar inilah yang harus diemban pemerintah dalam me-eleminir setiap kebijakan kebijakan in-efektif dan in-efisiensi dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.Pemerintah juga mempunyai tanggung jawab penuh untuk mensosialisasikan UN, dampak baik dan buruknya, hingga masyarakat luas memahami benar untuk apa UN diadakan. Masyarakat masih beranggapan, bahwa UN sebagai satu satunya penentu kelulusan. Padahal masih ada komponen penting lainnya yang ditentukan pendidik dan satuan pendidikan. Pemerintah dituntut penuh untuk membentuk Lembaga Independen yang memiliki otoritas penuh terhadap penyelenggaran UN, seperti terdapat di banyak negara. Tidak seperti sekarang ini. Banyak pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaan UN. Soal dibuat oleh Puspendik Diknas, yang mencetak soal urusan Diknas Provinsi dan yang menetapkan standar kelulusan BSNP. Kalau terjadi kebocoran soal, siapa yang harus bertanggung jawab ? Jika ada lembaga independennya, kebocoran soal menjadi tanggung jawab penuh lembaga dimaksud. Pihak pihak yang berkompeten, tinggal meminta pertanggung jawaban lembaga tersebut, tidak ada lagi upaya mencari kambing hitam, sebagaimana kebiasaan yang terjadi selama ini.Menuju Sumber Daya Manusia BerkualitasRendahnya kualitas pendidikan Indonesia, dapat dilihat dari beberapa indikator UN. UN tahun 2006, menetapkan angka standar kelulusan tiap mata pelajaran minimal 4,26 dan standar kelulusan rata rata semua mata pelajaran yang di-UN-kan harus lebih besar dari 4,50. Maknanya peserta ujian wajib mencapai nilai di atas 4,25 tiap mata pelajaran sekaligus harus memperoleh nilai rata rata semua mata pelajaran di atas 4,5 untuk dinyatakan lulus UN. Pemerintah melalui BSNP menetapkan angka batas standar kelulusan 4,26 dari skala 10. Pengertian sederhananya bahwa setiap siswa harus mempunyai kemampuan dalam menguasai materi ajar sebesar 42,6% dari semestinya 100%. Jelas angka 42,6% itu masih di bawah rata rata. Prosentase inilah yang baru dapat dipatok pemerintah melalui UN, untuk dapat meluluskan siswanya. Suatu angka yang masih rendah bila dibandingkan dengan negara negara tetangga kita. Rendahnya kualitas lulusan ini berkontribusi signifikan terhadap makin merosotnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dan menempatkan Indonesia pada urutan ke-111 dari dari 177 negara dalam hal pencapaian Human Development Index (HDI), lebih rendah dari Vietnam. Apa boleh buat, itulah baru kualitas pendidikan kita.Melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Pemerintah telah mengumumkan bahwa standar kelulusan UN tahun 2007 makin tinggi dan menggunakan standar ganda. Peserta UN dinyatakan lulus, jika memiliki nilai rata rata minimal 5,00 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan catatan tidak ada nilai di bawah 4,25 atau memiliki nilai minimal 4,00 pada salah satu pelajaran dengan nilai dua mata pelajaran lainnya minimal 6,0. Khusus untuk siswa SMK, nilai mata pelajaran kompetensi kejuruan minimum 7,00. Standar kelulusan ganda ini merupakan standar minimal, sehingga satuan pendidikan dapat menentukan standar kelulusan UN lebih tinggi lagi.Setelah siswa mampu melewati standar kelulusan minimal UN, mereka tidak serta merta dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Siswa dapat dinyatakan lulus, apabila : (1) telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, (2) memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok, mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan, (3) lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dan (4) lulus ujian nasional (UN).Penilaian akhir untuk masing masing kelompok mata pelajaran dilakukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian siswa oleh pendidik. Penilaian hasil belajar kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai perkembangan efeksi siswa, serta melalui ulangan dan atau penugasan untuk mengukur asfek kognitif siswa. Pengamatan yang dilakukan untuk menilai kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dapat berdasarkan pada indikator : (1) rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianut, (2) rajin mengikuti kegiatan keagamaan, (3) jujur dalam perkataan dan perbuatan (4) mematuhi aturan sekolah, (5) hormat terhadap pendidik dan (6) tertib ketika mengikuti pelajaran di kelas. Ulangan dan atau penugasan dilakukan sekolah /madrasah dengan materi ujian berdasarkan pada kurikulum yang digunakan. Hasil penilaian akhir terdiri dari dua aspek yang masing masingnya harus minimum baik. Hasil pengamatan terhadap perkembangan perilaku, minimum baik, hasil ulangan dan atau penugasan minimum baik. Ujian sekolah/madrasah dilakukan dengan tujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan pada mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi yang tidak diujikan pada UN, yang terdiri dari ujian tertulis dan ujian praktek. Naskah soal ujian dikembangkan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Hasilnya digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk penentuan keberhasilan siswa dari satuan pendidikan, pembinaan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangan fasilitas dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

• Sumber : http://plizkillme.blogspot.com/

Pantun Na$ehat

Pergi tamasya ke pulau Bali
Pulau Bali pulau Dewata
Jadilah anak yang berbakti
Berbakti kepada kedua orang tua

Jalan-jalan ke kota Blitar
Naik pesawat cepat sampainya
Jadilah anak yang pintar
Agar kelak hidupmu bahagia

Beli buku di pasar baru
Pasar baru indah menawan
Kalau engkau ingin membantu
Jadilah orang yang dermawan

Anak katak mandi di kali
Kali dangkal ikannya jarang
Jadi anak harus berbudi
Agar banyak orang yang menyayang

MerisenSi

MERISENSI
FILM AYAT-AYAT CINTA


a. Identitas lengkap Film

Judul : Ayat-Ayat Cinta

Sutradara : Hanung Bramantyo

Produser : A Dhamoo & Manoj Punjabi

Produksi : MD Pictures Present

Sumber : Novel Ayat-Ayat Cinta, karya : Habibburahman El-Shirazy

Soundtrack : Ayat-Ayat Cinta, produksi : Melly Goeslaw & Anto Hoed, vocal : Rossa

Pemain :
- Fedi Nuril
- Rianti Catwrigh
- Carrisa Puteri
- Melani Putria
- Zaskia Adya Mecca
- Marinni Burhan
- Surya Saputra
- Rudi Wowor
- Leroi Osmani
- Hj. Mieke Wijaya
- Oka Antara
- Dennis Adhiswara
- Sellen Fernandes

Tema : Kehidupan percintaan menurut ajaran Islam














b. Isi Film

Ada seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al-Azhar bernama Fahri. Kuliahnya sudah selesai dan tinggal menyelesaikan tesisnya. Dia tinggal di sebuah rumah sederhana dengan beberapa temannya dari Indonesia.
Fahri adalah seorang yang sangat taat agama, sehingga dia tidak mengenal pacaran. Dibalik itu banyak perempuan yang menyukainya diantaranya Nurul, Maria dan Noura.
Maria selalu perhatian kepada Fahri. Setiap ada kesulitan yang dihadapi Fahri pasti Maria siap membantu.
Suatu hari setelah pulang kuliah Fahri naik bis dan tidak memperoleh tempat duduk, kemudian dia bertemu temannya. Setelah cukup lama berbincang tiba-tiba ada dua orang turis. Salah satu diantaranya sangat lemah. Untungnya seorang wanita bercadar memberikan tempat duduknya, tetapi bapak tua pribumi memaki-makinya dengan alasan Amerika adalah teroris yang kejam. Fahri berusaha meredakan dibantu oleh temannya.
Setelah turun dari bis nenek tua bersama cucunya dan wanita bercadar mengucapkan terima kasih kepada Fahri yang telah menolong mereka. Dan itu yang menjadi awal perkenalan antara Fahri dan wanita bercadar yang bernama Aisha.
Aisya berusaha mencari informasi tentang Fahri kepada pamannya yang juga dosen Al-Azhar. Akhirnya Fahri diundang ke rumah Aisha untuk melakukan ta’aruf dan pada saat yang sama Maria diajak ibunya pulang ke Kazaktan tanpa sempat berpamitan pada Fahri.
Beberapa hari kemudian Fahri dan Aisha menikah. Tetapi belum lama menikah Fahri terganjal masalah, yaitu dia difitnah telah menghamili Noura.
Fahri akan dihukum gantung jika terbukti bersalah. Aisha berusaha membebaskan Fahri tetapi usahanya gagal. Dan Fahri berkata bahwa kuncinya ada pada Maria. Setelah Aisha menemukan rumah Maria, ternyata dia sedang koma dan dia selalu memanggil nama Fahri. Suster yang merawatnya juga berkata bahwa yang bisa menyembuhkan Maria hanya Fahri.
Setelah berfikir, Aisha meminta dispensasi untuk membebaskan Fahri. Ternyata dengan dikunjungi Fahri saja tidak dapat menyadarkan Maria. Aisya memutuskan agar suaminya menikahi Maria karena dia yakin Fahri bisa berlaku adil dan jodoh ada di tangan Allah.
Maria sembuh, dia bisa menjadi saksi di pengadilan. Tetapi setelah Maria datang Noura takut dan mengaku bahwa yang menghamilinya bukan Fahri melainkan ayah tirinya (Bahadur).
Fahri hidup bersama dua istrinya. Namun pada suatu hari penyakit Maria kambuh, dia meminta Fahri dan Aisha untuk mengajarinya Sholat. Dan Akhirnya Maria meninggal dengan tenang, Fahri dan Aisha menemukan jodohnya juga hidup bahagia.

c. Kekurangan dan kelebihan Film Ayat-Ayat Cinta

Kelebihan :
- Isi ceritanya menggambarkan kenyataan hidup di masyarakat
- Banyak tauladan yang baik.
- Walaupun settingnya di Indonesia tetapi kalau orang awam mengira settingnya di Mesir.
- Film Ayat-Ayat Cinta menggunakan empat bahasa, yaitu : Indonesia, Arab, Inggris dan Jawa sehingga ceritanya menarik.

Kekurangan :
- Volume suaranya kurang stabil sehingga kadang-kadang dialognya tidak jelas.
- Ada dialog bahasa Arab yang tidak diterjemahkan sehingga membuat penonton bingung.

Nilai yang terkandung :
Film ini baik untuk ditayangkan, karena banyak terkandung nilai-nilai keagamaan seperti : jujur, adil dan sabar yang bisa kita contoh.

Gaya pemaparan :
Klimaksnya merata disetiap bagian cerita, sehingga membuat semua bagian cerita itu penting.

Keruntutan Pemaparan :
Sudah runtut, setiap adegan menggambarkan waktu selanjutnya.

Kesimpulan :
Film yang berjudul Ayat-Ayat Cinta ini ceritanya menggambarkan kehidupan yang sesungguhnya, banyak contoh yang dapat kita contoh sehingga banyak orang yang antusias melihatnya. Kekurangannya terletahk pada volume yang kurang stabil. Film ini baik ditayangkan karena sudah runtut dan klimaksnya merata.

AlBert Ha$ibuan

Albert Hasibuan lahir di Bandung, Jawa Barat, 25 Maret 1939. Ia menamatkan pendidikan dasar hingga SLTA di Jakarta. Selanjutnya Albert melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) tamat tahun 1966. Dari sana, Albert menjadi pengacara/advokat. Ia eksponen Angkatan '66 yang turut berjuang mengganyang PKI dan menumbangkan Orde Lama.
Begitu tamat dari FH UKI, ia mengajar di almamaternya, UKI. Tahun 1968, bekas komandan Yon Yani Laskar Ampera Arief Rachman Hakim ini membuka Biro Bantuan Hukum bersama beberapa kawannya. Pada 1971, bersama Adnan Buyung Nasution, ia mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Saat itu, Buyung yang menjadi Ketua, sementara Albert sekretaris. Tapi kemudian, ia mendirikan kantor pengacara sendiri di Jakarta Pusat. Tahun 1972 ia menjadi anggota MPR. Kemudian, pada 1977, ia menjadi anggota DPR dari Fraksi Karya Pembangunan dan terus terpilih hingga empat periode berturut-turut.
Namanya sebagai pengacara/advokat kemudian melambung. Ia juga menangani kasus-kasus yang masuk dalam kategori besar dan kontroversial. Ia pernah menjadi pembela Rewang, tokoh PKI, dan Oei Tjoe Tat, seorang menteri masa Soekarno yang diseret ke pengadilan. Soal itu, Albert berkomentar bahwa warna politik dan latar belakang terdakwa tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak mendampinginya di pengadilan. Siapa pun yang menjadi terdakwa, seorang pengacara dan ahli hukum harus menerapkan praduga tidak bersalah.
Namanya makin melesat ketika menangani kasus Sengkon dan Karta, yang masing-masing dihukum 7 dan 12 tahun penjara karena dituduh membunuh Sulaiman dan istrinya di Desa Bojongsari, Bekasi, 1974. Tuduhan, kemudian, ternyata melenceng. Didampingi oleh Albert, Sengkon dan Karta mengajukan peninjauan kembali perkara (herziening), dan Mahkamah Agung menyetujuinya. Yang disesalkannya, gugatan ganti rugi Sengkon dan Karta kepada (Departemen Kehakiman) ditolak.
Selain itu, Albert juga pernah menjadi kordinator pengacara Pertamina yang bersengketa dengan keluarga Ahmad Tahir, untuk mengembalikan hasil korupsi Tahir. Dalam persidangan yang dilakukan di Singapore itu, Pertamina memenangkan sengketa itu. Memang soal peradilan itu, sempat membuat ia deg-degan. Sampai-sampai malam menjelang diputuskan hasil persidangan itu, Albert tidak bisa tidur.
Sebenarnya, waktu kecil, orang Batak yang lahir di Bandung dan besar di Jakarta ini bercita-cita menjadi penerbang. Tetapi, ibu dan ayahnya menganggap profesi penerbang itu berbahaya. Akhirnya, ia memang beralih ke bidang hukum. Minatnya pada ilmu hukum ini dimulai saat ia duduk di SMA dan ketika mendapatkan pelajaran tata hukum. "Ilmu hukum berhubungan dengan aturan dan yang harus diatur, agar tercipta ketertiban. Ini menarik dipelajari,'' ujar sulung dari tiga bersaudara itu.
Pada 1992, Albert meraih gelar doktor ilmu hukum di Universitas Gadjah Mada. Ia berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "Pelaksanaan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Periode Tahun 1977-1982" dengan predikat sangat memuaskan. Ia merupakan doktor ke-194 yang dihasilkan UGM pada waktu itu. Setelah itu, kelihatannya, anggota DPR dari FKP itu makin mantap di dunia politik. ''Kita bisa berbuat lebih banyak di bidang politik ketimbang hukum,'' ujar ayah tiga anak yang suka jogging dan tenis ini.
Dan memang, kemudian Albert lebih banyak aktif di politik, ketimbang menjadi pengacara/advokad. Belakangan, ia pun dikenal sebagai salah seorang pembela HAM, terutama setelah diangkat menjadi anggota Komnas HAM. Sikapnya lugas, tetapi penuh kesabaran. Pernyataan-pernyataannya selalu dilandasi dengan kehati-hatian yang tinggi, dan tidak emosional. Meskipun dikritik dan disorot sana-sini -- terutama berkaitan dengan kerja KPP HAM untuk Timtim -- ia tetap bersikap tenang, dan jarang terlihat marah.

Nama : Albert Hasibuan
Lahir : Bandung, Jawa Barat, 25 Maret 1939
Pendidikan : - SD, Jakarta (1952)
- SLP, Jakarta (1955)
- SLA, Jakarta (1958)
- Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta (1966)
Karier : - Dosen Hukum Administrasi Negara UKI (1968-1972)
- Anggota MPR (1972-1977)
- Anggota DPR RI FKP (1977-1998)
- Ketua Departemen Cendekiawan DPP Golkar
- Advokat dan Pengacara (sejak 1973)
- Pemimpin Umum Harian Suara Pembaruan (sejak 1987)
- Ketua Umum PP Persahi (sejak 1986)
- Ketua Umum Lembaga Pelayanan dan Penyuluhan Hukum (LPPH) Golkar
- Wakil Ketua Yayasan Universitas Kristen Indonesia
- Anggota Komnas HAM (1993 - sekarang)
- Ketua Gempita (Gerakan Masyarakat Peduli Harta Negara)
- Ketua KPP HAM
Nama Isteri : Louise Walewangko
Anak : Barahrishna, Vivekananda, dan Miryashanti
Alamat Rumah : Jalan Permata Hijau C II No. 13 Simpruk, Patal Senayan Jakarta Selatan
Alamat Kantor : Komnas HAM, Jalan Latuharhary No.4-B, Jakarta 10310
Telepon 021- 392 5227-30 Fax. 392 5227
E-mail : info@komnas.go.id

DR Albert Hasibuan, SH:
Melindungi Para Jenderal dari Jerat Peradilan Internasional
Barangkali orang yang paling sibuk di Komnas HAM kini adalah DR Albert Hasibuan. Bukan saja karena ia anggota Komnas HAM, tetapi yang lebih membuatnya harus kerja keras adalah posisinya sebagai Ketua Komisi Penyelidik Pelanggaran HAM (KPP HAM) untuk Timor Timur -- komisi yang dibentuk Komnas HAM untuk mengusut masalah pelanggaran HAM di Timor Timur pra dan paska jajak pendapat.
Memang, lembaga yang dimotori Albert itu kini sedang banyak disorot publik. Bukan saja karena anggotanya adalah orang-orang yang punya kapasitas dan integritas tinggi dalam penegakan HAM di tanah air, namun yang lebih membuat lembaga ini punya gigi adalah keberaniannya memanggil sejumlah petinggi militer di negeri ini, termasuk mantan Panglima TNI Jenderal Wiranto dalam kaitan dengan pelanggaran HAM di Timor Timur.
Dan Albert, sang ketua KPP HAM harus bekerja ekstra bersama kawan-kawannya. Terkadang pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang diduga punya kaitan dengan pelanggaran HAM di Timor-Timur ini berlangsung hingga larut malam. Belum lagi tugasnya menepis sejumlah tudingan dari pihak-pihak yang kurang sepakat dengan tindakan dan kerja KPP HAM itu.
Memang tidak jarang KPP HAM mendapat protes. Misalnya, ketika KPP HAM mengumumkan nama-nama orang yang diduga terlibat dalam kasus pelanggaran HAM di Timor-Timur, beberapa pihak, termasuk TNI, ada yang menunjukkan rasa tidak senang. Mereka menganggap KPP HAM terlalu cepat mengumumkan temuannya tanpa didukung bukti-bukti yang lengkap.
Mantan Panglima TNI Wiranto yang kini Menteri Kordinator bidang Politik dan Keamanan dengan keras menanggapi pernyataan KPP HAM tentang keterlibatan sejumlah petinggi militer dalam pelanggaran HAM di Timor-Timur, termasuk dirinya. "Pernyataan KPP HAM itu sudah berlebihan. Bahkan sudah melebihi proses peradilan. Adanya tuduhan pelanggaran HAM itu hendaknya dikonfirmasi. Jangan dilempar begitu saja," kata Wiranto sengit.
Panglima Kostrad Djadja Suparman juga ikut mengecam KPP HAM yang memanggil para jenderal itu. Ia kuatir berita mengenai pemanggilan sejumlah jenderal ke DPR dan KPP HAM akan membuat para prajurit sakit hati dan bersikap membabi buta. "Kalau itu terjadi kasihan rakyat yang tidak bersalah. Padahal, yang salah itu hanya segelintir orang yang selalu membuat statemen dan memojokkan TNI," ujarnya suatu kali.
Toh, Albert Hasibuan sebagai Ketua KPP HAM sabar menjawab segala tudingan itu. Ia menganggap sebuah kewajaran kalau orang-orang yang terkait dengan pelanggaran HAM di Timor Timur itu merasa terganggu. "Yang penting kami melakukan kerja dengan asas praduga tak bersalah," ujar Albert. Ia menambahkan bahwa pernyataan KPP HAM mengenai hasil penyelidikan lembaga itu ke Timtim dilakukan karena kasus itu mendapat perhatian masyarakat yang sangat besar. "Jadi KPP HAM melakukan itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas ahli hukum tata negara ini.
KPP HAM dibentuk tanggal 22 September 1999. Meski kemudian dikritik, tapi pembentukan lembaga ini sangat mulia: untuk melindungi para jenderal dari jerat peradilan internasional. "Presiden Gus Dur dan Panglima TNI Laksamana Widodo AS sepakat, KPP HAM justru dipakai untuk melindungi kepentingan nasional RI. Bangsa Indonesia tidak ingin sebagai salah satu institusi negara dipermalukan di luar negeri," kata Albert suatu kali.
Sumber : www.tempo.co.id/harian/profil/prof-albert.html

Selasa, 03 Maret 2009